Skip to main content

Pengalaman Menggunakan Oli Motul 3100 10w40


Postingan pertama untuk kategori otomotif pada blog ini.

Motul adalah merk oli kelas dunia yang  menjadi Title Sponsor MotoGP monggo cek link berikut http://www.motogp.com/en/sponsors

Hampir semua rider pasti kenal dengan oli Motul, oli yang menurut saya untuk kalangan menengah keatas, oli premium (buat saya) karena harganya hampir 2x dari harga oli biasa sebut saja castrol, federal, enduro dll.

Saya menggunakan oli Motul 3100 10w40 pada motor Pulsar 200NS dengan harga 85ribu/liter untuk yang 0.8L, karena NS menggunakan 1.2L jadi saya beli 2botol dan sisanya bisa digunakan pada saat akan mengganti oli lagi.

**Sebagai informasi rekomendasi dari pabrikan oli mesin untuk Pulsar 200NS adalah 20w50 olinya kentel

Tes pertama saya coba berangkat kerja dari menteng ke kelapa gading yang sedikit macet, untuk suara mesin sangat halus,,,halus sekali apalagi ketika gas sedikit ditarik dan sedikit ngebut suara mesin sangat halus, tapi sayangnya ketikan perpindahan gigi masih ada suara kletak-kletuk jadi tidak sehalus mesin.

Pulangnya seperti biasa jakarta macet tidak karuan, dan tanpa disangka mungkin disini kekurangan Motul 3100 untuk mesin NS yang terkenal panas, yaitu panas pada mesin ketika bermacet ria begitu terasa, saya merasa ini tidak wajar karena panasnya sampai ke deltabox, bagian sebelah kiri entah kenapa terasa lebih panas.
Dalam hati berargumen sendiri mungkin karena pemakaian awal mesin masih mengkondisikan dengan oli mahal haha,,

Ternyata besoknya saya coba kembali dan pada keadaaan macet mesinnya memang panas banget, sudahlah mungkin karena busi NS ada 3 jadi panasnya mantep.

Selanjutnya saya tes agak jauh dari daerah Kedoya Jakarta Barat ke Cileungsi Bogor sambil anterin sicinta kerumah mertua indah, diperjalanan saya coba tarik gas agak dalam dan tarikan motor berasa ringan sekali tidak terasa berat dan hal yg paling bikin cukup kaget tiba-tiba dari belakang sicinta bilang,,"Ini motor berasa alus mesinnya, habis km service ya",, jdddeeerrr gilee yang biasanya diem acuh sama motor tiba-tiba bilang begini berarti ini oli membawa pengaruh besar bagi boncengers.

1000km sudah saya ajak keliling jakarta, dan akhirnya saya bawa mudik ke sukabumi - jawabarat,
Saya berangkat habis subuh agar tidak kena macet jadi selama perjalanan jalan kosong NS saya ajak lari sekitar 90-100km/jam dan memang hasil luar biasa untuk oli mahal ini, mesin halusnya luar biasa.

Sudah mendekati bulan kedua tapi oli masih berasa sangat nikmat sempat ragu ini oli kuat gak ya,,tp saya tekadkan diri, masa oli mahal gak kuat lama hahaha,,

Dan mendekati bulan ketiga saya khawatir ini ko oli masih enak aja mesin halus, tarikan enteng tapi saya tekadkan diri untuk mengganti dengan oli karena takut motor kesayangan kenapa-kenapa dan saya ganti dengan si spesialis dingin yaitu Federal Racing, oli murah meriah buat kita yang kere hore.

Dan inilah hasil dari oli Motul 3100 yang 3bulanan saya gunakan dengan KM lumayan tinggi 3270KM dan itu masih sangat enak digunakan, sepertinya 5000KM masih kuat kalo saya paksakan karena ketika ganti oli pun tidak hitam tapi masih agak kuning.

Sebelum ganti Oli Motul 3100
Setelah ganti Oli Motul 3100
 Foto diatas adalah odometer sebelum dan sesudai saya ganti Oli Motul 3100 10w40.

Sekian review singkat dari saya rider pemula.
Semua yang saya katakan adalah opini saya sendiri, saya tidak dibayar ataupun mendapatkan sponsor dari produk apapun termasuk Oli atau Motornya.

Bila ada kesalahan mohon dikoreksi, untuk pengguna oli motul silahkan tinggalkan jejak.

Salam 3 Busi




Comments

Popular posts from this blog

Driver EPSON LX-310 untuk Linux

Blog yang sungguh tidak terawat karena galau melanda sampe berbulan-bulan..:D ( yelah ini mimin malah curco l).. Berawal dari kerjaan dikantor yang berujung komplen dari cabang-cabang yang mengeluh karena hasil print pada EPSON LX-310 keluar bahasa dewa ( tulisan mesin !@#$%^&). Ternyata banyak juga teman-teman diforum yang mengeluh dengan hasil print yang dihasilkan oleh EPSON LX-310 pada linux. Pada tutorial ini saya  menggunakan Zorin OS 8 ( based Ubuntu 13.10 ) untuk berbagi pengalaman agar hasil printnya sesuai dengan haparan. 1. Instal Printer EPSON LX-310      Biasanya pada ubuntu 12.04 atau 13.10 printer otomatis terinstal tetapi dengan menggunakan driver epson lx-300+ bila sudah ada saatnya ganti driver. 2. Klik kanan pada device printer Lx-310 lalu Properties     3. Pada tab Setting Pilih Change pada Make and Model (perhatikan gambar) 4. Pada Change Driver pilih Select Driver from database > Pilih Epson > Pilih 9Pin (per

Cara Mengembalikan GRUB Ubuntu 11.10 yang Hilang 100% Work

Buat temen-temen pengguna Dua OS dalam 1 PC atau istilah kerennya DualBoot pasti pernah merasakan Grubnya hilang atau tertutup windows. Grub hilang di karenakan beberapa faktor. 1. Karena Instal Ulang atau Repair Windows 2. Karena gagal Instal Burg 3. Grub hilang secara Misterius hehe.. dari beberapa kasus saya temui banyak kawan-kawan kampus yang pada saat grubnya hilang malah install ulang Linuxnya,,sayangkan udah Update manager dan install aplikasi2 yang lain. Trus ada juga karena frustasi buka grub gak berhasil-berhasil akhirnya Linux di Instal lagi.Saya pun pernah mengalami beberapa kali pada saat  mau mengembalikan grub yang hilang tidak berhasil-berhasil..ternyata ada sedikit mantra yang tertinggal.. Tutorialnya sebagai berikut. 1. Masukan CD Linux ke PC / Laptop ( Kita membukan dengan Live CD dalam kasusu ini saya menggunakan Linux Ubuntu 11.10 ) 2. Sesudah masuk Live CD masuk ke terminal dengan cara CRTL+ALT+T 3. Kita masuk sebagai root pada terminal dengan mantra